Mengenal Rangka Manusia



Rangka merupakan tulang-tulang yang tersusun secara teratur. Rangka juga mempunyai fungsi antara lain : penopang dan penunjang tegaknya tubuh, memberi bentuk tubuh dan melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak. Bagian-bagian rangka terdiri dari :

a. Rangka  Kepala

tengkorak 2
Rangka kepala pada bagian depan membentuk dasar wajah manusia. Tulang-tulang yang membentuk wajah adalah tulang dahi, tulang hidung, tulang rahang atas dan tulang rahang atas. Selain itu wajah manusia dipengaruhi oleh otot wajah. Oleh karena itu wajah manusia terlihat lonjong, bulat atau persegi.

b. Rangka Badan

Rangka badan tersusun mulai dari tulang leher sampai tulang ekor. Tulang leher dimulai oleh tujuh ruas tulang. Tulang leher bersambungan dengan tulang punggung hingga tulang ekor.

organ-tubuh-manusia-450 
c. Rangka anggota gerak

Rangka anggota gerak terdiri dari anggota gerak atas dan bawah. Anggota gerak atas disebut lengan(tangan). Anggota gerak bawah disebut juga kaki. Rangka lengan dibentuk oleh tulang lengan atas, hasta, pengumpil, pergelangan tangan, telapak tangan dan jari tangan. Sedangkan rangka kaki dibentuk oleh tulang paha, tempurung lutut, betis, tulang kering, pergelangan kaki, telapak kaki dan jari kaki.

d. Sendi

macam-sendi-manusi-putar 
Rangka tubuh dapat kita gerakan karena adaya kerjasama antara tulang, sendi dan otot. Sendi adalah bagian yang menghubungkan dua tulang sehingga tulang dapat digerakan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar